Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Senin, 10 Juli 2017

PENTINGNYA LOGIKA DALAM SEBUAH PENELITIAN

Hasil gambar untuk gambar logika berpikir
Logika dalam kamus bahasa Indonesia adalah  ilmu logika (ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur. Logika penting dijadikan dasar kita untuk meneliti. Kebanyakan siswa/mahasiswa sering melakukan penelitian dengan megambil jurnal sebagai rujukan tanpa melakukan telaah terlebih dahulu. Alhasil ketika diuji penelitiannya didepan penguji, mahasiswa sering menjawab yang kurang masuk akal.

Bagi saya, selaku pengajar metodologi penelitian mengajak mahasiswa untuk berani beragumen dan berlogika itu penting karena :
1.    Supaya mahasiswa mampu menghubungkan penelitiannya dengan hal-hal yang ada kaitannya dengan variabel-variabel didalam penelitiannya.
Misalnya; ketika mahsiswa diminta membuat hipotesis penelitian, dan bagaimana menentukan (menyertakan) istilah positif/negative , meningkatkan atau menurunkan dll maka harus dikaitkan dengan teori yang diambil.
2.    Membuka jendela penelaran mahasiswa. Penelitian itu tidak semata-mata mengambil judul sesuai jurnal utama/pendukung saja atau dari skripsi/tesis kakak kelas lalu mencontohnya, tetapi mahasiswa dituntut membuka pikiran dan menganalisis hal-hal yang ada keterkaitan dengan penelitian kita.
3.    Penelitian yang baik adalah penelitian yang mampu memberikan kejelasan dengan lengkap atas dasar ide-ide dari peneliti yang mudah untuk dipahami.
Memang bagi pengajar hal ini tidak mudah, apabila ada mahasiswa yang inginnya instan atau langsung ke pokok permasalahan (point). Didalam penelitian, istilah “langsung ke pokok permasalahan” ini kurang bisa dilakukan menurut saya, karena didalam penelitian dibutuhkan alasan-alasan konkrit dan argument yang bisa diterima.


Oleh karena itu cara yang saya lakukan untuk mengajak mahasiswa berpikir logika adalah memberikan penjelasan dengan pelan dan sesekali mahasiswa perlu diberikan suntikan-suntikan kecil supaya berani untuk berpikir secara logika. Kadang istilah “bisa karena terpaksa” itu nyata dan bisa diterapkan. *pengalaman pribadi hehehe.

Tidak ada komentar: